Pages

Monday, July 1, 2013

TIPS MENGHINDARI MASALAH KEBAKARAN DAN LEDAKAN TABUNG GAS LPG Elpiji

Gas LPG meledak sebenarnya tidak pandang bulu, krn masalah bukan hanya pada tabung 3kg saja, sehingga pemakai tabung 12kg juga wajib hati-hati.
TIPS MENGHINDARI MASALAH KEBAKARAN DAN LEDAKAN TABUNG GAS LPG Elpiji
( Tips dan Artikel lainnya silahkan klik : http://www.vincentiussan.blogspot.com )

1.Banyaknya tabung bocor krn tipis, terbanting pada saat distribusi, atau keropos karena tabung diisi air oleh agen/distributor nakal agar beratnya pas walaupun sebenarnya isi gas-nya kurang.
JADI PERIKSA KONDISI FISIK TABUNGNYA, TERUTAMA BAGIAN BAWAHNYA - WAKTU PESAN MINTA TABUNG YG TDK BERKARAT. Kalau ragu, tukar saja atau test dengan mengoleskan perasan busa sabun dari sepon cuci piring di dapur pada bagian karatnya. Kalau ada bocor, busa yg menempel akan bergerak berbuih-buih atau mengelembung.
2. PERIKSA KONDISI KATUP/VALVE UJUNG ATAS TABUNG, karena banyak yang melakukan pengisian dengan cara asal-asalan oleh pelaku "penyuntikan/pengoplosan" dengan memindahkan gas dari tabung 3kg (yg lebih murah) ke tabung 12kg. Bila kondisi katup tidak rata/penyok atau rusak, maka akan terjadi kebocoran saat dipasang regulator. Periksa juga apakah bocor atau tidak, dengan mengoleskan busa sabun pada katupnya. Salah satu penyebab ledakan adalah masalah katup ini, karena kebocoran terjadi di sisi gas dengan tekanan tinggi, sehingga jumlah gas yang keluar sangat banyak. Juga katup yang rusak mudah nyangkut sehingga walaupun regulator sudah dilepas, gas tetap bocor mengalir keluar.
3. PERIKSA KARET SEAL YANG TERPASANG DI KATUP TABUNG, PASTIKAN ADA DAN BENAR POSISINYA sebelum memasang regulator. Biasanya kualitas karet yg jelek dan ukuran yg tidak pas adalah penyebab utama terjadi kebocoran dan ledakan. Bila terjadi kebocoran, jangan pernah dan jangan mau di pasang karet gelang disekeliling karet seal ini, Jangan mudah percaya dengan tukang antar, karena biasanya tukang antar LPG mau gampang dengan cara ini dan selalu bilang dijamin aman, tapi kalau meledak, tetap kita adalah korbannya, dan si tukang antar tidak mungkin bertanggung jawab.  Karet gelang bukan seal dan tidak tahan terhadap gas LPG, jadi hanya sementara bisa mampat tapi kemudian akan bocor perlahan-lahan krn karet gelangnya akan menjadi lunak dan lumer.   Ada juga yg melilitkan karet gelang pada ujung katup agar regulator lebih menekan kebawah, jangan mencoba mencari jalan pintas lain padahal yg bermasalah adalah seal karetnya, karena regulator anda bisa malah jadi rusak, dan biasanya karet gelang yg lunak ini akan lumer tergencet oleh pengunci regulator dan gas akan bocor kembali tanpa anda menyadarinya, ini malah jauh lebih berbahaya krn bisa menjadi bom waktu di dapur anda.
4. Setelah memasang regulator, PASTIKAN TIDAK ADA KEBOCORAN ANTARA KATUP TABUNG DENGAN REGULATOR, lakukan test dengan busa sabun dengan mengoleskannya di pertemuan antara tabung dan regulator yg terpasang. Bila busanya bergerak berbuih-buih atau mengelembung, berarti bocor, ganti karet seal dengan yg baru kemudian coba test lagi. Anda bisa membeli karet seal ini di minimarket atau supermarket, harganya cukup murah dibandingkan resikonya. ( Sekitar Rp.7500/5buah).  Salah satu penyebab dipasangnya karet gelang, adalah krn karet seal bocor dan tdk ada penggantinya, sedangkan tukang antar mau gampang dan mau cepat pulang, sedangkan anda atau pembantu ingin segera melanjutkan memasak, ini membuat kondisi bahaya diabaikan. Beli dan simpan seal karet ini sebagai cadangan di rumah anda, agar saat diperlukan selalu tersedia. Buang karet yg jelek atau longgar tersebut ke sampah agar tidak ada pemakai berikutnya yang jadi korban.
5. Karena selang LPG banyak macam dan kualitasnya, jadi hati-hati dalam membelinya. PILIH SELANG YG MEMANG TERBUAT DARI BAHAN DAN SPESIFIKASI UNTUK GAS LPG, krn banyak toko yg menjual selang secara meteran, tapi sebenarnya bukan utk gas LPG. Selang LPG harus memenuhi standard tekanan/pressure tertentu dan bahan yg tahan dan tidak rusak oleh gas LPG.
Setelah pemakaian waktu tertentu, pastikan secara rutin memeriksa kondisi selang, bila selang anda dari bahan karet, pada umumnya karet akan rusak sendiri walaupun tidak dipakai (seperti ban yg terbuat dari karet yang ada masa kedaluwarsa-nya walaupun baru dan tidak dipakai). Jadi anda harus rutin mengecek dan bila perlu menggantinya, terutama bila terlihat tanda-tanda usang, cara mengeceknya dengan cara menekuk selang tersebut di beberapa bagian, bila terlihat ada retakan-retakan halus berarti selang anda sudah harus diganti sebelum bocor dan sebelum anda menjadi korban.
6. JANGAN TERLALU MENGANDALKAN PENCIUMAN HIDUNG ANDA, karena gas LPG merupakan gas yg cukup berat sehingga bila bocor akan mengendap di lantai, sedangkan hidung anda minimal berada 1,5 meter dari lantai(karena di dapur kita berdiri dan biasanya juga tidak ada kursi). Kita mencium bau tersebut bila kebocoran menyembur keatas, terbawa angin, atau sudah bocor cukup banyak sehingga sudah menyebar. Dan setiap orang memiliki penciuman hidung yg berbeda-beda apalagi kalau sedang pilek. Satu lagi kenyataan bahwa GAS LPG SEBENARNYA SAMA SEKALI TIDAK BERBAU, tetapi karena alasan keamanan maka ditambahkan zat bau bernama "mercaptan" agar mudah terdeteksi bila bocor. Mesti diingat bahwa zat tersebut adalah zat tambahan dan menambah biaya/harga produksinya. Sehingga tergantung tingkat kosentrasi penambahannya, kalau hanya ditambahkan sedikit, maka baunya juga kurang menyengat.
Jadi test kebocoran pada saat pemasangan regulator dengan menggunakan busa sabun dari sepon cuci piring merupakan cara termudah dan teraman dibandingkan menunggu hidung kita mencium kebocoran yg mungkin sudah terlambat. Test dengan busa sabun ini hanya membutuhkan waktu kita kurang dari 1 menit saja dan dilakukan pada saat pemasangan regulator ketika penggantian tabung.
6. Pilih secara tepat kualitas dan selalu PANTAU KONDISI REGULATOR LPG ANDA . Regulator berfungsi untuk mengatur tekanan gas menuju ke kompor gas. Tekanan gas didalam tabung cukup tinggi agar bisa menampung gas yg banyak, sedangkan kompor kita hanya memerlukan tekanan rendah, jadi disinilah fungsi regulator untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan gas yg mengalir ke kompor agar nyala api juga stabil. Pada regulator juga terdapat pin/batang kecil yang akan menonjol keluar saat kita putar pengguncinya, ini berfungsi utk menekan katup gas pada tabung agar terbuka dan gas dapat mengalir.  Perhatikan regulator secara fisik dan kondisi fungsinya. Ada lubang kecil seukuran tusuk gigi dibagian samping atas sebagai ventilasi membran, ini jangan sampai tertutup. Bila dari lubang kecilnya mengalir keluar gas secara terus menerus, berarti membran didalamnya sudah bocor, anda harus segera mengganti regulator tersebut. Bila api pada kompor tidak stabil, biasanya salah satu penyebabnya adalah regulator. Pada saat mengganti tabung gas, seringkali orang saat melepas regulator dari tabung, melepaskan dan menjatuhkannya ke lantai dan bukannya meletakannya dengan hati-hati, ini dapat menyebabkan kerusakan pada regulator.
7. KOMPOR GAS
Banyak merek dan pilihan kompor gas yang memang sudah terbukti handal. Sebenarnya masalah kompor lebih dikarenakan oleh pemakainya. Biasanya beberapa masalah ini yang sering terjadi:
- JANGAN MENGISI PANCI TERLALU PENUH oleh air atau masakan,sehingga waktu mendidih akan luber dan menetes ke burner kompor, ini dapat menyebabkan nyala api mati dan gas mengalir terus tanpa anda menyadarinya. Bila ini terjadi, segera putar dan matikan kompor. Jangan coba-coba langsung menyalakannya lagi, karena sudah ada banyak gas yg tadi bocor di area kompor anda, bila anda menyalakan langsung maka akan terjadi ledakan api didapur anda. Biarkan sementara waktu sampai gas terbawa angin ventilasi, baru anda boleh menyalakan lagi. Tidak perlu terburu-buru, krn resiko ledakan api bisa membuat anda malah akan lama tinggal di rumah sakit. Tetesan luberan juga akan membuat burner kompor menjadi kotor/tersumbat dan nyala api tdk sempurna. Pastikan selalu dicheck dan dibersihkan,serta selalu pastikan burner terpasang dengan sempurna dan tidak miring, bila miring biasanya kompor akan sulit dinyalakan atau nyalanya meletup-letup.
-sering orang menyalakan kompor dengan api yang sangat kecil, nyala api yang terlalu kecil akan sangat rentan menjadi mati karena tertiup angin dan gas terus mengalir dalam dapur anda. JANGAN MENYALAKAN KOMPOR DENGAN API YANG TERLALU KECIL, karena bila api mendadak mati, anda tidak akan menyadarinya, sedangkan gas terus mengalir.
- Bila anda memiliki lebih dari satu kompor yang menggunakan tabung gas tersendiri didalam satu ruangan, maka selalu MATIKAN SEMUA KOMPOR YANG ADA TERLEBIH DAHULU PADA SAAT ANDA MELAKUKAN PENGGANTIAN TABUNG GAS. Kejadian ledakan yang banyak terjadi akhir-akhir ini dikarenakan saat penggantian tabung gas yang ternyata bocor, tetapi sebelum mereka menyadarinya, gas bocor tersebut sudah tersambar oleh api dari kompor lain yang masih menyala.
8. Karena selain anda sendiri sebagai PEMAKAI KOMPOR GAS LPG, biasanya pembantu yang menggunakannya, jadi pastikan pembantu anda mengerti dan menjalankannya. Anda pasti tidak ingin menjadi korban ataupun anggota keluarga/anak anda menjadi korban kecerobohan orang lain.
9. PENANGANAN GAS BOCOR, bila bocornya di kompor, di selangnya, atau regulatornya, segera lepas regulator dari tabung gas. Lakukan penggantian bagian yang bocor atau rusak tersebut.
Bila kebocoran pada katup maupun tabungnya sendiri, segera bawa tabung tersebut keluar dari ruangan ke tempat terbuka, pastikan semua kompor dan nyala api(lilin, rokok, dupa)  sudah dimatikan  sebelum melewatinya.
Bila ruangan dapur anda sudah penuh dengan gas yang bocor, jangan melakukan apapun di dapur kecuali membuka jendela bila ada. Tinggalkan ruangan tersebut sejauh-jauhnya dengan alasan keamanan agar anda tidak ikut terbakar bila terjadi ledakan, juga anda tidak perlu menghisap bau gas LPG ke dalam paru-paru anda. Jangan juga menyalakan atau mematikan peralatan listrik apapun, karena saklar listrik akan membuat percikan api listrik yg dapat memicu gas menyala/meledak. Jadi pemikiran untuk menghidupkan exhaust fan adalah salah besar, karena ketika anda mengerakkan saklar, saklar tersebut  dapat memicu ledakan. Tetapi bila exhaust fan sudah menyala dari sebelumnya, biarkan saja dan jangan mencoba menghentikannya, INGAT BAHWA SAKLAR LISTRIK  BAIK MENGHIDUPKAN MAUPUN MEMATIKAN PERALATAN LISTRIK MALAH DAPAT MEMICU LEDAKAN. BIARKAN SAKLAR DALAM POSISINYA SEMULA.

SEMOGA BERGUNA DAN ADA BAIKNYA ANDA SEBARKAN JUGA BAGI REKAN DAN SESAMA AGAR TERHINDAR DARI KEJADIAN MEMILUKAN
print - tempel - di dapur anda tempat tabung gas (agar di baca pembantu anda, apalagi bila pembantu baru dari kampung), bagi juga ke masyarakat sekitar yg sering menjadi korban karena ketidaktahuan misal : sopir anda, dan orang lain yang kurang dalam akses informas, serta forward ke komunitas terdekat anda misal: rekan kantor-tetangga komplek rumah (karena bila rumah tetangga anda terbakar, mungkin api akan merambat juga kerumah anda)
( Tips dan Artikel lainnya silahkan klik : http://www.vincentiussan.blogspot.com )

No comments:

Post a Comment